Futurepreneur gelar BAKTI BANGSA, siap cetak startup muda Indonesia

Diposkan pada: WIB




Merdeka.com - Pengguna aktif internet Indonesia saat ini diperkirakan mencapai 71,2 orang. Sayangnya, konten-konten internet Indonesia didominasi oleh penyedia layanan atau OTT dari luar negeri seperti Facebook, Twitter, hingga Google.

Menurut Henri Kasyfi, Co-Founder dan Comissioner dari IDC Data Center, pengguna internet Indonesia dalam setahun menyumbang sekitar Rp 15 triliun untuk OTT asing. Tentu saja hal ini adalah sebuah ironi, mengingat industri teknologi informasi lokal sejatinya berpotensi untuk berkembang pesat.

"Indonesia harus terus mendorong pengembangan open source software, agar negara kita tidak tertinggal semakin jauh di bidang TI. Untuk menciptakan kedaulatan, kita juga membutuhkan generasi muda yang cerdas, yang mampu mengembangkan aplikasi sesuai kebutuhan bangsa," ujar Onno W. Purwo, Pendiri Yayasan Onno Center.

Guna memotivasi dan mendukung remaja Indonesia untuk menjadi technopreneur handal, Futurepreneur mengadakan kampanye BAKTI BANGSA (Bangun Kemandirian TI Bangsa) yang bakal berlangsung sepanjang 2015.

"Tujuannya agar mereka lebih mantap dan kuat untuk berkembang menjadi start-up. Kami ingin mencetak banyak start-up junior di Indonesia," tegas pendiri Futurepreneur, James Tomassouw.

Futurepreneur sendiri adalah organisasi nirlaba yang berupaya secara sistematis mempercepat dan mendukung entre-preneurs and technopreneurship masa depan melalui public and private partnerships and practices.

Lebih lanjut, James sempat mengutip pernyataan dari PBB yang mengatakan bila sebuah negara dapat dikatakan maju dan mandiri bila memiliki wirausahawan 2 persen dari jumlah penduduknya. Kemudian James menyoroti minimnya rasa mandiri di kalangan pemuda dan pemudi Indonesia. Oleh sebab itu, kegiatan seperti BAKTI BANGSA diperlukan di tanah air.

Roadshow kampanye BAKTI BANGSA sendiri akan mengunjungi perguruan tinggi komputer dan sekolah menengah kejuruan (SMK) di 7 kota besar, yakni Malang, Surabaya, Jogja, Semarang, Bandung, Denpasar, dan Jakarta. Kampanye Futurepreneur kali ini didukung oleh Klik Indonesia dan KapanLagi Network.

Melalui roadshow BAKTI BANGSA, diharapkan akan terkumpul ide-ide kreatif (lewat Idea Challenge) dan start-up junior (lewat Startup Junior Competition).

Nantinya, para juara lokal dari tiap-tiap kota akan mengikuti Startup Junior Camp bersama dengan juara dari daerah lain. Dengan begitu, para juara tersebut dapat lebih mantap melanjutkan karya mereka lebih jauh hingga menjadi start-up nasional.

"Setiap akhir tahun kami akan memberikan penghargaan kepada start-up junior terbaik tingkat nasional," tambah James Tomassouw.